Langsung ke konten utama

BLOG & BLOGGER

Blogger baru mungkin agak bingung dengan sejumlah istilah dalam dunia ngeblog atau blogging. Baik yang berkaitan dengan istilah teknis atau istilah sosial. Secara garis besar, ngeblog dapat memakai dua perangkat lunak (software) atau platform yaitu di Blogger.com atau Wordpress ada juga piranti blog yang lain seperti Typepad, Movable Type (MT), Joomla dan Drupal tapi tidak popular dan yang dua terakhir lebih sering disebut sebagai CMS. Gratis atau berbayar.

Berikut beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia blog baik di Blogger.com Blogspot atau Wordpress termasuk dalam social media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus.

Blog
Blog : istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate.
Weblog : istilah lain dari blog.
Blogging : kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam dunia blog.
Blogger : seseorang yang melakukan blogging.
Blogosphere (blogosfer) : komunitas dalam blogging.
Posting : menulis artikel di blog atau kegiatan untuk mengirimkan artikel ke dalam blog.

ISTILAH TEKNIS DALAM DUNIA BLOG

Blogger: nama dari sebuah layanan blog dari Google.
Index page : halaman depan dari blog.
Header : bagian paling atas blog.
Footer :bagian paling bawah blog.
Sidebar : kolom-kolom yang berada di sisi blog bagian kanan atau kiri.
Link : membuat tautan ke artikel atau blog lain.
Archive/Arsip : sekumpulan/arsip dari semua postingan. Bisa dikelompokkan dalam bulan, tahun dsb.
Categories/Kategori : topik tertentu dari beberapa artikel di blog berbasis Wordpress.
Tag: sama dengan Categories.
Label: Kategori dalam blog berbasis Blogger.com/Blogspot.
Comments/Komentar : Komentar-komentar dari para pembaca blog.
Captcha : kependekan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart", yaitu sebuah gambar yang berisi kata atau huruf yang harus diketikkan untuk verifikasi. Berguna untuk menangkal spam.
Ping (Packet Internet Grouper) : berfungsi untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog (seperti tchnocarty dkk) bahwa kita baru menambah atau mengupdate konten blog kita.
Trackback : berfungsi untuk memberitahu bahwa kita me-link ke postingan atau kontent blog orang lain di blog Wordpress.
Blogroll : sekumpulan link yang dirujukan ke blog yang lain.
Template : desain dasar blog.
Plugin : sebuah file yang berfungsi untuk menambah feature2 blog.
Dashboard/Dasbor : sebuah tampilan yang berisi kontrol-kontrol, tool, setting dll saat pertama kali kita login ke blog account.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anata no KISU wo kazoemashou By Koyanagi Yuki

Original / Romaji Lyrics English Translation Chirakatta yuka no ue uzukumari hiza o daita Mamorenai yakusoku ga KARENDAA yogoshiteru Balled up, I hugged my knees on a messy floor The broken promises make the calendar dirty Konna hi ga kuru nara Dakiaeba yokatta yo motto Missin' you If I knew this day would come I should have hugged you more. Missing you Anata no KISU wo kazoemashou Hitotsu hitotsu wo omoidaseba Dare yori soba ni itakatta Without you but you were mine Let's count your kisses every single one of them. I remember I wanted to be next to you without you but you were mine Kami no ke wo tabanetemo kinou to wa chigau kao de Nani o shite magarawasu? Kodoku toka fuan toka Even though I tie my hair, my face is not the same from yesterday What should I do to distract myself from loneliness and uncertainties Sugoku suki datta yo Sore dake wa kawaranai jijitsu Missin' you I really loved you this truth will never change missing you Anata no KISU wo sagashimashou An
Adakah kerjaan laiiiiinnnn... ????????? kenapa rasanya boriiiiiiing banget yaaa....?!?!?!?!?!!?!? ini bikin gw gak pengen ngapa2in deeee....... semua bikin gw bosennnnnn, gak pengen apa2...... mo'nya begini ajaaaaHHHHH.. Ngapain yaaa enaknya HaHaaHaaaHaaaa,,,,,,