Langsung ke konten utama

SAKIT PINGGANG

Just Copied from another blog ! 

This is importand to know it, 

don't miss it!!!

Check it out guys !!! 😉😉😉


Jenis Sakit Pinggang – Jenis sakit pinggang lebih dari satu macam. Sakit pinggang penyakit ginjal berbeda rasanya dengan sakit pinggang saraf. Sakit pinggang saraf juga tak sama dengan sakit pinggang sebab pikiran. Berbeda-beda juga jenis dari sakit pinggang keluhan yang lebih dari satu penyebabnya. Berbeda sebab tulang keropos dengan sakit pinggang sebab tumor, akibat penyebaran kanker, atau sakit pinggang sebab rematik.

Rasa nyeri pada tiap jenis sakit pinggang berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Ada rasa nyeri setempat, pasien dengan tepat menunjukkan dimana lokasi nyerinya. Ada juga nyeri kiriman atau referred pain. Artinya penyakit sebetulnya di perut namun nyerinya di pinggang.

Jenis Sakit Pinggang

Jenis Sakit Pinggang

Jenis – Jenis Sakit Pinggang

Jenis sakit pada pinggang lain, nyeri menjalar atau radicular pain. Rasa nyeri tidak hanya di s atu titik saja melainkan menjalar sampai ke bagian tubuh yang lebih jauh. Dan nyeri sakit pinggang lain timbul sebagai nyeri sebab peregangan otot.

Paling sering sakit pinggang sebab kesalahan dalam sikap maupun posisi tubuh, dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang. Sama seringnya dengan akibat trauma terpeleset, terkilir, terbentur, retak atau patah ruas tulang belakang.

Berdasarkan lamanya, sakit pinggang dapat terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu sakit pinggang jangka pendek atau akut yang pada umumnya sakit pinggang ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu lamanya. Kategori yang kedua adalah sakit pinggang kronis yang dapat berlangsung dalam hitungan bulan, bahkan ada juga yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan. Berikut ini ada beberapa jenis sakit pinggang antara lain :

1. Sakit  Pinggang Non Spesifik

Nyeri pinggang non spesifik yang mempengaruhi hampir dari 85% penyebab dari nyeri pinggang. Nyeri pinggang jenis ini biasanya disebabkan dari adanya rasa kram. Gejala dari jenis sakit pada pinggang ini adalah rasa nyeri pada pinggang yang datang dengan tiba-tiba pada saat anda sedang melakukanpekerjaan berat dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk anda yang ingin mengatasi jenis sakit pinggang ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat analgesik, beristirahat atau dengan mengompres bagian pinggang yang nyeri dengan menggunakan air hangat.

2. Sakit Pinggang Akibat Tumor

Sakit pinggang yang diakibatkan dari adanya penyakit tumor ganas. Nyeri pinggang jenis ini merupakan salah satu jenis dari sakit pinggang yang paling berat dan biasanya bersumber dari serangan keganasan tumor pada tempat lainnya. Misalnya sakit pinggang ini dapat timbul karena adanya penyakit tumor prostat, tumor payudara, dan tumor lainnya yang ada di dalam tubuh. Untuk kasus sakit pinggang jenis ini anda perlu selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda.

3. Sakit Pinggang Hernia Nucleus Pulposus

Sakit pinggang hernia nucleus pulposus (HNP) yang sering kali menimbulkan rasa nyeri yang menjalar sampai bagian tungkai kaki anda. Untuk memastikan apakah rasa nyeri yang menyerang anda marupakan jenis sakit pinggang HNP diperlukan diagnosis MRI. Sementara cara yang dapat anda lakukan untuk meredakan rasa sakit pinggang yang anda rasakan adalah dengan beristirahat, konsumsi obat analgesik, atau melakukan fisioterapi. Langkah operasi dapat juga anda tenpuh apabila salah satu atau kombinasi dari pengobatan yang anda lakukan tidak membuahkan hasil yang baik dalah arti rasa sakit pada pinggang anda bukan sembuh atau membaik namun justru malah bertambah parah.

4. Sakit Pinggang Akibat Osteoporosis

Jenis sakit pinggang yang disebabkan oleh osteoporosis. Jenis yang satu ini mengakibatkan tulang anda gampang gopeng dan patah atau rapuh. Kebanyakan sakit pinggang akibat osteoporosis ini dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa monopouse, peminum alkohol, orang yang merokok, orang yang jarang melakukan olahraga, dan mereka yang termasuk pengguna obat steroid dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencegah dapatnya sakit pinggang jenis ini, maka usahakan untuk anda selalu melakukan pemeriksaan kepadatan tulang anda secara rutin, terutama para wanita atau kaum lansia.

5. Sakit Pinggang Psikogenik

Jenis sakit pinggang yang terakhir adalah sakit pinggang psikogenik yang dapat dijumpai pada penderita kecemasan atau depresi. Biasanya jenis ini terjadi karena pemeriksaan yang sering kali tidak sesuai dengan gejala yang dirasakan sehingga menimbulkan penyakit pinggang ini terus menyerang anda selama berbulan-bulan dan berubah menjadi sakit pinggang kronis.

Pengobatan Jenis Sakit Pinggang

Pengobatan sakit pinggang selain dengan menggunakan cara medis anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional. Ramuan yang dapat anda gunakan anda gunakan untuk mengatasi sakit pinggang yang anda alami seperti :

  •  Siapkan bahan bahan untuk membuat ramuan obat sakit pinggang 10 butir angco, 15 gram akar bawang merah segar, 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 25 gram jahe merah segar. Cara pembuatan ramuan ini adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda siapkan kemudian bahan tersebut direbus dengan 600 cc air hingga mendidih dan airnya tersisa 300 cc. Setelah ramuan matang airnya disaring, dan diminum hangat-hangat. Lakukan pengobatan dengan ramuan ini secara teratur hingga sakit pinggang anda membaik.
  • Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat ramuan obat untuk sakit pinggang anda seperti, 100 gram buah takokak,  10 gram adas, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar. Cara pembuatan ramuan adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda sediakan dan direbus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
Posted in Sakit Pinggang | Tagged  | Leave a comment

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Makanan Penyebab Sakit Pinggang – sakit pinggang merupakan salah satu masalah penyakit yang paling sering dirasakan oleh banyak orang. Sakit pinggang akan sangat menggangu rutinitas sehari-hari yang pada umumnya sakit pinggang yang berhubungan dengan sususan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang tersusun atas beberapa  ruas yang membantuk kesatuan fungsi sehingga dapat berguna untuk melakukan gerakan, maka gerak yang kita inginkan untuk menjalankan aktifitas dapat di lakukan pada keseharian.

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Kebanyakan sakit pinggang dialami oleh kaum wanita dan kaum pria yang pada kesibukan kerjanya yang diharuskan duduk  sehingga akan duduk terlalu lama dan juga ibu rumah tangga yang disibukkan dengan mengurusi semua urusan rumah tangga dan juga wanita yang sedang hamil. Rasa nyeri dan kaku pada bagian pinggang yang terjadi selama bertahun maka lama kelamaan akan menjalar ke bagian atas tulang belakang sehingga akan mengakibatkan punggung akan terasa lebih kaku dan punggung juga akan membungkuk.

Penyebab sakit pinggang adalah karena adanya gangguan sistem mekanik pada struktur serta kesatuan fungsi  tulang belakang gerak atau juga dikarenakan sikap tubuh yang salah saat membungkuk dengan mengangkat tubuh atau mengangkat barang, menggunakan sepatu dengan posisi tumit yang tinggi karena keadaan normal tulang belakang daerah pinggang yang mempunyai lengkungan ke arah depan dan lengkungan tubuh tersebut yang berlebihan dapat menimbulkan gejala sakit pinggang.

Penyebab sakit pinggang yang utama adalah kurang melakukan gerakan olahraga selain itu makanan penyebab sakit pinggang juga sangat berpengaruh. Dengan kurang olaharaga juga dapat menyebabkan sakit pinggang karena umumnya kelenturan sendi-sendi dan jaringan akan ikut menurun, sehingga otot-otot akan mudah cedera walaupun karena derakan yang sederhana.

Penyebab sakit pinggang selain tidak melakukan olah raga, makanan penyebab sakit pinggang juga sebaiknya anda jauhi. Karena ada beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang, berikut ini ada beberapa makanan penyebab sakit pinggang yang sebaiknya anda hindari agar sakit pinggang tidak akan anda alami.

Bagi anda yang sedang mengalami sakit pinggang, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan anda makan. Sebaiknya jangan sekali-kali mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk penderita sakit pinggang, karena hal tersebut akan mendatangkan akibat yang cukup fatal atau juga dapat memperlambat proses penyembuhan.

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Makanan-makanan penyebab sakit pinggang yang dilarang bagi anda yang menderita sakit pinggang umumnya adalah kacang-kacangan, maka sebaiknya anda juga menghindari makanan-makana tersebut yang mengandung kacang untuk mengurangi penyebab sakit pinggang yang berkelanjutan bagi si penderita sakit pinggang tersebut. selain makanan kacang-kacanganberikut ini juga ada makanan penyebab sakit pinggang yang harus anda hindari juga.

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Barikut ini daftar makanan penyebab sakit pinggang, yang sebaiknya segera anda hindari :

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

Makanan Penyebab Sakit Pinggang

  1. Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang kedelai dan jenis kacang lainnya.
  2. Daging jeroan , seperti pada hati ayam atau hati sapi, usus dan lain-lain.
  3. Makanan yang mengandung bahan pengawet, seperti ikan kaleng, manisan kaleng dll.
  4. Makanan yang mengandung santan, seperti pada makanan nasi lemak, gulai daging, dll.
  5. Alkohol.
  6. Buah durian.
  7. Sayuran kangkung dan sayuran bayam.

Yang perlu anda ingat adalah jangan mengkonsumsi makanan penyebab sakit pinggang tersebut diatas jika anda ingin segera sembuh dari sakit pinggang. Dan bagi anda yang tidak ingin mengalami sakit pinggang kembali, berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari masalah sakit pinggang.

Tips Menghindari Sakit Pinggang

  • Langkah awal yang harus selalu anda lakukan yaitu selalu lakukan peregangan sebelum latihan olahraga atau kegiatan fisik lainnya yang menurut anda cukup berat.
  • Jangan sekali-sekali membungkukkan badan ketika duduk atau berdiri. Pada saat dalam kondisi berdiri, jaga titik berat badan anda, agar seimbang dengan kaki anda. saat bekerja di kantor atau di rumah, sebaiknya anda memastikan bahwa permukaan pekerjaan anda berada pada ketinggian yang nyaman untuk anda.
  • Langkah selanjutnya , duduklah di kursi dengan intensitas sandaran yang sangat baik dan juga posisi dan ketinggian yang tepat untuk melakukan tugas tersebut.
  • Kemudian selangi duduk anda secara berkala dengan melakukan berjalan-jalan atau dengan melakukan peregangan otot ringan yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan.
  • Selain itu, jauhilah makanan penyebab sakit pinggang di atas untuk menghindari sakit pinggang kembali lagi.

Itulah daftar makana penyebab sakit pinggang yang harus segera anda hindari apabila anda sedang mengalami masalah sakit pinggang, karena beberapa makanan tersebut dapat memicu terjadinya sakit pinggang kembali lagi. Akan tetapi jika anda belum bisa langsung menghentikan mengkonsumsi makanan tersebut, maka kurangilah minimal 5 persen, hanya saja pada saat sakit setelah normal maka anda dapat mengkonsumsinya dengan sesuka hati anda. namun jika belum semduh jangan coba-coba mengkonsumsi makana penyebab sakit pinggang etrsebut.

Posted in Sakit Pinggang | Tagged  | Leave a comment

Penyebab Sakit Pinggang

nyeri pinggang

Kadang-kadang mudah sekali menemukan penyebab sakit pinggang bawah, tetapi kadang juga tidak mudah. Sakit pinggang adalah gangguan yang sering diderita banyak orang dan hampir seluruh orang di dunia mengalami sakit pinggang. Di Amerika Serikat, sakit pinggang merupakan penyebab kedua mengapa orang berobat kepada seorang dokter.

Sakit pimggang memiliki kaitan erat dengan susunan dan fungsi tulang belakang hingga ke tulang ekor. Tulang belakang atau punggung memiliki ruas tulang yang membentuk satu-kesatuan yang berfungsi untuk tubuh ketika berdiri, duduk, dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tulang belakag juga memiliki titik tulang syaraf yang akan membentuk lengkungan apabila terjadi gesekan antara tulang. Gesekan antar tulang ini umumnya berfungsi untuk menggerakkan tubuh ketika berputar ke arah kiri maupun kanan.

Penyebab Sakit Pinggang

Kebanyakan sakit pinggang diderita oleh banyak kaum wanita maupun pria yang selalu disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari di tempat kerja, misalnya terlalu banyak duduk atau berdiri ketika bangun dari tempat duduk atau hendak duduk tulang belakang dan pinggang mengalami kontraksi atau reaksi yang cukup mengenjutkan hingga timbullah sakit pinggang.

Sakit pinggang yang terjadi pada wanita terutama di alami oleh wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang selalu disibukkan oleh pekerjaan rumah setiap hari. Sakit pinggang ini juga lumrah atau wajar dan sering terjadi pula pada wanita hamil.

Sakit pinggang yang berawal dari adanya gesekan yang cukup keras, hingga menyebabkan tarikan, robekan atau tekanan yang cukup tajam pada tulang punggung bagian belakang hingga ke pinggang sehingga menimbulkan rasa nyeri pinggang. Sakit pinggang akan semakin dirasakan ketika kita terlalu lama membungkukkan badan.

Berikut ada beberapa penyebab sakit pinggang yang mungkin dapat dikenali :

1. Adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang

2. Posisi atau gerak tubuh yang salah sehingga mengakibatkan urat dan tulang belakang terjepit dan menimbulkan nyeri pinggang

3. Terlalu sering membawa atau mengangkat barang-barang berat

4. Pada wanita, juga dapat ditemukan sakit pinggang akiba penggunakan sepatu berhak tinggi terlalu lama, sehingga membebani kaki dan pinggang. Akibat yang timbul tidak hanya membuat kaki, betis terasa sakit, dan nyeri bahkan rasa tersebut juga dapat dirasakan pada bagian pinggang

5. Posisi tidur yang salah atau alas tidur yang terlalu tipis tidak sesuai dengan tinggi badan. Sehingga badan dibiarkan tertekuk terlalu lama

6. Kurang melakukan olahraga yang dapat menggerakkan otot-otot tubuh dan kelenturan sendi-sendi. Sehingga otot dan sendi tubuh mudah mengalami cidera dan sakit.

Terkadang sakit pinggang juga selalu dihubungankan dengan penyakit ginjal yang disebabkan oleh kurangnya asupan air putih mineral yang cukup untuk tubuh.

Latihan Untuk Meringankan Penyebab Sakit Pinggang

Nyiri pinggang bawah yang ringan dapat dilakukan latihan-latihan untuk membantu meredakan gangguan sakit pinggang yang sedang anda alami. Anda tidak perlu khawatir dengan latihan yang akan anda lakukan karena akan membuat rasa tidak enak pada pinggang anda akan hilang dalam beberapa menit. Akan tetapi apabila nyeri yang anda rasakan lebih dari pada waktu itu dan berakhir lebih dari 15 menit atau 20 menit, hentikan dan jangan lanjutkan latihan tersebut hingga anda konsultasi pada dokter.

Latian ini dilakukan untuk mengatasi nyeri penyebab sakit pinggang yang anda rasakan. Lakukan latihan ini pada permukaan yang keras dilapisi kasur tipis atau dapat juga dilapisi dengan selimut tebal. Letakkan bantal di bawah leher anda jika hal tersebut dapat membuat anda lebih nyaman. Selalu lakukan latihan anda dengan perlahan-lahan agar otot anda kendur secara perlahan juga. Latihan tersebut adalah dengan menggunakan langkah :

Latihan 1.

Lakukan latihan dengan langkah pertama anda harus terlentang dengan kedua tangan di atas kepala dan kedua lutut di bengkokkan untuk mengurangi penyebab sakit pinggang. Selanjutnya gerakan satu lutut sejauh mungkin ke arah dada anda dan pada saat yang bersamaan luruskan tungkai lainnya. Kemudian kembalilah pada posisi semula dengan kedua lutut dibengkokkan dan ulangi gerakan tersebut pada tungkai lainnya.

Latihan 2.

Anda dapat berbaring terlentang dengan menggunakan bantal kecil di bawak kepala anda, dengan kedua lengan pada kedua sisi anda dan kedua lutut anda bengkok. Selanjutnya peluk kedua lutut anda mendekat ke dada dan dengan kedua tangan anda menarik kedua lutut ke arah dada anda. Tahan sampai pada hitungan 10, jaga agar kedua lutut selalu bersama dan bahu anda mendatar pada alas tidur yang anda gunakan. Ulangi tarikan dan gerakan latihan ini sebanyak 3 kali.

Latihan 3.

Latihan relaksasi yang digunakan untuk mengatasi penyebab sakit pinggang dengan kedua lengan berada diatas kepala anda dan dengan kedua kaki anda dalam posisi bengkok. Sekarang kencangkan otot-otot abdomen bawah anda dan otot bokong anda pada saat yang bersamaan sehingga pinggang akan menempel pada alas tidur. Gerakan ini adalah gerakan yang memposisikan pinggang bawah anda menjadi datar. Tahan posisi latihan ini hingga hitungan 10.

Latihan 4.

Latihan selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan duduk pada kursi yang keras dengan lengan kendur di depan dada. Kemudian condongkan badan anda sampai pada kepala anda turun diantara kedua lutut. Kembali tegakkan badan anda pada posisi duduk, sementara itu kencangkan otot abdomen anda.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anata no KISU wo kazoemashou By Koyanagi Yuki

Original / Romaji Lyrics English Translation Chirakatta yuka no ue uzukumari hiza o daita Mamorenai yakusoku ga KARENDAA yogoshiteru Balled up, I hugged my knees on a messy floor The broken promises make the calendar dirty Konna hi ga kuru nara Dakiaeba yokatta yo motto Missin' you If I knew this day would come I should have hugged you more. Missing you Anata no KISU wo kazoemashou Hitotsu hitotsu wo omoidaseba Dare yori soba ni itakatta Without you but you were mine Let's count your kisses every single one of them. I remember I wanted to be next to you without you but you were mine Kami no ke wo tabanetemo kinou to wa chigau kao de Nani o shite magarawasu? Kodoku toka fuan toka Even though I tie my hair, my face is not the same from yesterday What should I do to distract myself from loneliness and uncertainties Sugoku suki datta yo Sore dake wa kawaranai jijitsu Missin' you I really loved you this truth will never change missing you Anata no KISU wo sagashimashou An
Adakah kerjaan laiiiiinnnn... ????????? kenapa rasanya boriiiiiiing banget yaaa....?!?!?!?!?!!?!? ini bikin gw gak pengen ngapa2in deeee....... semua bikin gw bosennnnnn, gak pengen apa2...... mo'nya begini ajaaaaHHHHH.. Ngapain yaaa enaknya HaHaaHaaaHaaaa,,,,,,